Property Syariah? - Muhammad Brian Ivan Haris - MBrianWebsite - mbrian.my.id
Property Syariah? – Muhammad Brian Ivan Haris – MBrianWebsite – mbrian.my.id

Bismillah,

Tahukah anda apa itu property syariah? dan apa yang terlintas dipikiran anda ketika anda mendengar kata tersebut?

Ketika kata itu pertamakali saya dengar, yang saya fikirkan adalah rumah dengan model bangunan khas timur tengah dengan atmosfer dan ornamen ke arab-araban. Namun setelah saya mencoba mencari kata tersebut, saya mendapati beberapa link website developer dan agen property. Menariknya, setelah saya mencoba menelusuri link-link tersebut , saya tidak mendapati apa yang ada di kepala saya. Ya bentuk rumahnya seperti rumah-rumah konvesional lainnya.

Jadi apa yang membedakan properti syariah dan properti konvensional? Sebelum saya membahasnya, saya akan mengajak anda untuk melihat suatu fenomena yang terjadi saat ini yakni kredit rumah.

Semakin naiknya jumlah penduduk di indonesia dari tahun ke tahun, tentunya akan diiringi dengan kebutuhan rumah yang juga ikut meningkat. Namun pertumbuhan tersebut tidak diiringi dengan daya beli masyarakat terhadap rumah. Mengutip dari website Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Rumah

Menurut Menteri Keuangan ini, daya beli masyarakat lemah, sebanyak 40% masih membutuhkan subsidi dan 20% sama sekali tidak memiliki kemampuan untuk membeli rumah.Persoalan perumahan yang ada saat ini adalah permintaan yang sangat tinggi tetapi penawarannya kurang.

https://ppdpp.id/daya-beli-rumah-masyarakat-masih-rendah/ diakses 25 Agustus 2020

Sehingga banyak developer property yang menawarkan pembelian rumah dengan skema kredit, yang polpuler dengan nama Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Sehingga pembelian rumah lebih mudah dijangkau oleh kemampuan masyarakat. Namun hal ini menimbulkan masalah baru, yakni halal atau tidaknya skema kredit yang ditawarkan. Kebanyakan developer konvensional menawarkan sistem skema kredit yang masih melibatkan pihak ketiga (Bank) ditambah denda dan riba yang itu dilarang oleh syariat islam.

Dari permasalahan tersebut, maka hadirlah developer-developer yang menerapkan syariat islam dalam setiap akadnya. Sehingga muncullah berbagai properti yang berlabel syariah. Para developer properti syariah ini menawarkan penjualan properti dengan akad yang syar’i yakni tanpa denda, tanpa riba, tanpa sita, dan tanpa BI checking karena murni jual beli antara developer dan pembeli.

Maka dapat kita ketahui perbedaan antara properti konvensional dengan properti syariah adalah berada di akad yang ditawarkan, dimana property syariah menawarkan akad yang syar’i sesuai dengan syariat islam. Jadi dapat kita simpulkan bahwa Property Syariah adalah properti yang dalam akad jual belinya menerapkan syariat islam.

Grand Property Syariah merupakan salah satu agensi properti syariah yang menawarkan properti dari berbagai developer property syariah yang ada di jember. Bekerjasama dengan developer peroperty syariah yang terpercaya recordnya menambah keamanan dan kenyamanan transaksi anda. Bersama Team Marketing berpengalaman Grand Property Syariah, temukan kemudahan dalam memilih properti yang sesuai dengan kebutuhan investasi dan hunian tempat tinggal anda.

GRAND PROPERTY SYARIAH
(Jl. Jawa No 28A Sumbersari-Jember)
| Agency | Developer | Estate Management | Investor | Contractor | Marketing Support |
Information :
Web : www.grandps.net
IG : @gpsjember
FB : Grand Property Syariah
Wa : 0823 3135 2828 — (ADMIN GPS)

0 Komentar